Freshmen Enrichment Program

Freshmen Enrichment Program ya atau FEP ini mirip MOS tapi engga mirip juga sih, sebelum masuk ke main topic here’s a little story that you could probably skip.
*Pada tanggal 14 Juli 2016, hari Kamis seorang Adit yang bingung untuk memilih antara masuk kampus negeri yang berada di Malang itu dengan jurusan IT, atau memilih Binus dengan jurusannya yang sangat cocok GAT pun sedang kebingungan memilih. Disaat itu pun anggota anggota keluarga Adit pergi ke Binus untuk menanyakan hal hal yang cukup penting, setelah kembali ucapan kakak saya adalah “Dit, mulai senin depan” “wat” *panik* dikarenakan seorang Adit tidak membaca petunjuk kalau FEP Binus dimulai tanggal 18 Juli 2016, ya senin depan. Dikarenakan pikiran terpojok dan panik, Adit pun memilih untuk menjadi Binusian jurusan GAT karena mendengar saran dari teman kakaknya yang juga Binusian, dan tentu nya potongan harganya yang besar hehe. So yeah :/
Let’s head back to the main topic.
* = Tidak terlalu penting

FEP 

FEP ini terdiri dari Academic Orientation (AO), General Orientation (GO), dan Campus Life Orientation (CLO). Sebelum FEP dimulai, tiap calon mahasiswa baru ditentukan masuk gelombang keberapa dan saya termasuk gelombang pertama (ABN) dari 5 gelombang dan sebagai gelompang pertama yang melaksanakan FEP.

General Orientation (GO) 

GO ini dilaksanakan 6 hari berturut turut sejak 18 Juli 2016 hingga 23 Juli 2016, calon mahasiswa baru wajib mengikuti GO karena akan mendapatkan poin SAT yang sangat penting untung kedepannya. Disaat GO, peserta wajib menggunakan baju seragam polos putih lengan pendek, celana bahan hitam, dan sepatu hitam atau putih terkecuali untuk hari pertama.

  • 18 Juli 2016
    Hari pertama, kumpul di kampus Binus Syahdan jam 9 tepat. Pada hari ini kita berkenalan dengan satu kelas selama FEP berlangsung yang terdiri dari jurusan GAT dan DKV Animasi, sang Adit masuk kelas ABN08. Salah satu hal yang pasti wajib dilakukan adalah perkenalan dari pembimbing selama FEP yaitu Buddy Coordinator (BC). BC pun menjelaskan bagaimana kuliah di Binus, lingkungannya, peraturan peraturan, dan lain lain.
    *Sebelum pulang, BC minta kita untuk masing masing bawa balon isi angin helium dan semua pasti bingung nyari dimana. Salah satu kak BC bilang “Kalo tahun aku, pas disuruh bawa balon, pas keluar binus langsung banyak gitu” “???” dan hebatnya yang jualan itu banyak banget.
  • 19 Juli 2016
    Hari kedua, kumpul lagi di kampus Syahdan jam 6 tepat agar tidak telat Upacara Pembukaan yang dimulai jam 7. Gelombang 1 mendapatkan privilege untuk upacara pembukaan FEP untuk Binusian 2020. Setelah selesai dan masuk kelas, para BC mengajarin kita tentang Global Employability & Entrepreneur Skills (EES), UKM, dan himpunan himpunan yang ada di Binus.
  • 20 Juli 2016
    Hari ketiga, kita berkumpul di kampus Binus Anggrek pada jam 9.20 pagi. Topik hari itu adalah bagaimana menggukanan Binus Maya, fitur fitur yang ada di Binus Maya, maksud nya GLSC itu apa, apa fungsi Forum, dan banyak lagi.
  • 21 Juli 2016
    Hari keempat, di Kampus Anggrek, hampir semua kelas ABN masuk ke ruang 400 atau Auditorium. Diruang tersebut mempunyai peraturan ketat seperti tidak boleh makan, minum, tidur, dan lain lain atau akibatnya akan di zoom in oleh kamera dan di tampilkan di layar. Hari itu para para UKM mempromosikan didepan calon mahasiswa baru, dan setelah itu dijelaskan tata tertib selama kuliah di Binus.  Disaat pulang para BC memberitahu kami untuk membuat kesan kesan dalam bentuk hadiah untuk para BC dan dikumpulkan esok hari.
    *Dikasih tau jam 3, yang DKV disuruh gambar terus ada yang nanya “Kak kan DKV gambar, masa GAT buat game? atau gambar juga?” “Kalian buat surat aja gapapa, gamungkin juga buat game” *triggered*
    and this is my reaction *lalu langsung buka tutorial dan begadang* dan selesai, sampe sekarang yang ngasih feedback cuman Ka Victor dari semua BC 🙁 so much appreciated Kak Victor.
  • 22 Juli 2016
    Hari kelima, kembali berkumpul di kampus Anggrek dan kembali berkumpul pula di ruang auditorium untuk dijelaskan tentang Binus Way yang pembicaranya adalah Bapak Chang sebagai Wakil Rektor, beliau menjelaskan tentang kesuksesan Binus yang telah dicapai, prestasi prestasi, dan memotivasi Binusian untuk menjadi kreatif. Setelah itu kembali ke kelas biasa untuk dijelaskan BC tentang Perkuliahan, Ujian, dan Registrasi.
  • 23 Juli 2016
    Hari keenam atau hari terakhir, semua ABN berkumpul di kampus Syahdan untuk melakukan kebersamaan yang terdiri dari unjuk Yel Yel Kelas, dan Yel Yel BC. Setelah selesai, para calon Binusian dapat berkeliling di Expo dan mendaftarkan dirinya ke UKM yang diminati.
    *Ikut BGDC dan Nippon, dapet lucky draw hadiah nya Gundam dong hehehehehehe, and thanks to Josiah and Alvin udah nemenin keliling *wink*.

Setelah selesai semua, calon binusian mendapatkan libur yang hampir 1 bulan lebih. Lalu pada tanggal 30 Agustus 2016 para calon binusian menghadiri Inagurasi sebagai tanda bahwa telah diterima menjadi Binusian 2020. Para binusian sudah dapat kelas masing masing dan saya termasuk dalam kelas LB04.

Academic Orientation (AO)

Setelah libur panjang, kini ada yang namanya AO yang berlangsung 6 hari yaitu pada tanggal 6, 7, 8, 10, 14, dan 15 September 2016. AO bertujuan untuk Binusian lebih mengenal kuliah di Binus lebih jauh.

  • 6 September 2016
    Hari pertama AO, anggota School of Computer Science (SoCS) berkumpul di ruang Auditorium dan mendapatkan pembelajaran basic tentang Algoritma. Tidak lupa juga dengan tamu yang berasal dari Start Up OPER dan Lulusan Binusian yang bekerja di Intel Indonesia. Setelah selesai, teman teman LB04 pindah sesi yang dibawakan oleh Dosen Pembimbing yang bernama kak Yogi Udjaja, kak Yogi menerangkan materi yang akan kami hadapi pada sesi itu.
    *Kak Yogi asik, mainin game yang sama juga 8^).

    Kak Yogi yang sedang menerangkan

    *Foto Kak Yogi yang sedang menerangkan*

  • 7 September 2016
    Hari kedua AO, berkumpul di kampus Syahdan untuk mendapatkan kurikulum. Michael Yoseph** atau biasa dipanggil ko Yp membimbing kami untuk mendalami materi materi di GAT. Beliau juga memberikan 10 soal yang berkaitan dengan game, dan juga menggambar di kertas. Setelah itu, kelas kami kedatangan orang yang berasal dari Ureeka, JollyBee, dan HIMTI yang akan dijelaskan lebih detail dibawah. Lalu kami juga mendapatkan sesi yang berisi Support Center Binus.
    **Maaf jika namanya salah
  • 8 September 2016
    Hari ketiga AO, kami mendapatkan ilmu lebih dalam tentang Pseudo Code yang diajarkan oleh Kak Fransisco.
    *ciri khas nickname nya unik.
  • 10 September 2016
    Hari keempat AO, para Binusian mengikuti GSLC tetapi diganti oleh acara HTTP yang sayangnya tidak bisa saya ikuti.
    *maap, i don’t have any money left
  • 14 September 2016
    Hari kelima AO, kami pergi ke lab komputer untuk belajar menggunakan Visual Studio C++ dan bagaimana cara menggunakannya. Setelah itu kami pergi menemui Kak Fransisco dan mendalami tentang Job Desk Game Development.
  • 15 September 2016
    Hari keenam AO, kami memiliki exam yang berupa online dan paper. Setelah itu kelas LB04 mendapatkan Academic Advisory dimana dijelaskan oleh dosen pembimbing kita dan dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dosen jurusan. Termasuk Kak Dodrick yang baru kami lihat.

Itu lah yang terjadi semasa FEP, dan tidak lupa juga saya akan menjelaskan sedikit tentang Organizational Skills.

  • Ureeka
    Ureeka adalah organisasi yang berputar sebidang game, mereka memprioritaskan untuk mengikuti lomba lomba yang bersangkut dengan game development. Ureeka juga akan mengajari bagi yang tidak mempunyai skills dalam membuat game.
  • JollyBee
    Lain dari Ureeka, JollyBee lebih berputar dibidang pembuatan program, mereka memprioritaskan untuk mengikuti lomba lomba untuk membuat program. Seperti halnya Ureeka, mereka juga tidak segan untuk mengajari bagi yang masih awam terhadap programming.
  • HIMTI
    HIMTI adalah Himpunan TI, yang anggota nya merupakan mahasiswa SoCS. Binusian dapat mendaftar sebagai aktivis.

Dan selesai sudah post yang panjang ini, maaf jika ada salah ketik.
Adit’s out, Cheers Mate!

 

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.